17 Desember 2011

Jangan Malu Bertanya

by PUTRA SIAK  |  at  Sabtu, Desember 17, 2011


“malu bertanya sesat dijalan, banyak bertanya memalukan!!”

rasanya kalimat tersebut sudah begitu familiar di telinga kita. terlebih dijaman era globalisasi yang serba modern ini, banyak hal-hal aneh yang dapat kita temui dan kita tidak tahu apa maksudnya. sayangnya juga, tenyata makin banyak orang yang merasa risih, malu untuk bertanya. bahkan ada juga yang mencaci maki jikalau kita banyak bertanya.

dan bisa jadi karena pepatah yang di tambahi embel-embel “banyak bertanya memalukan” itu lah yang bikin kita enggan untuk bertanya. kita takut dicap goblok, bodoh, norak, kampungan, kagak gaul, pertanyaannya gak bermutu, cerewetlah, sksd lah hanya karena banyak bertanya. makin lama bertanya menjadi hal yang berat yang harus dilakukan. padahal bertanya kan gratis, bahkan bisa mengusir serta menjawab rasa penasaran kita terhadap hal-hal yag kita anggap masih awam.
kita malu dianggap bodoh dan mau dianggap pintar, namun pada kenyataannya kita tidak bisa apa-apa. kita menjadi pribadi yang seolah-olah tahu segala-galanya padahal otak kita nol, kosong.

bertanyalah! karena itu kebiasaan yang baik. tak perlu menutup diri untuk bertanya dan ditanya. karena dengan bertanya apa yang masih gelap atau sayup-sayup terdengar menjadi jelas dan terang. dan jangan ragu untuk membagi ilmu serta penjelasan buat si bodoh. karena dengan demikian justru kita semakin mengerti dan memahami apa yang sudah kita ketahui. jangan sok hanya karena mengetahui sesuatu lantas malas membagi dengan yang lainnya.

francis bacon salah seorang filsuf inggris menulis begini ” he that thinks himself the wisest is generally the greates fool” yang artinya ia yang berpikir bahwa dirinya adalah orang yang paling bijak biasanya adalah orang yang paling bodoh”

jadi tuan sok tahu segalanya, jangan diam saja ketika ditanya terlebih lagi merendahkan. justru sikap seperti itu lah yang mampu memadamkan semangat mencari ilmu pada orang lain.
dan kalaupun ketika ditanya kita tidak tahu, jangan ragu dan malu untuk mengakuinya.

Guys, bertanya itu juga merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pengetahuan selain dengan membaca dan mendengar penjelasan. pokoknya, jangan biarkan diri kita tenggelan dalam ketidaktahuan hanya karena malu dan malas bertanya. jangan biarkan diri kita dilingkupi rasa penasaran yang tak berujung.

0 komentar:

Proudly Powered by Blogger.