07 Desember 2015

TEKNIK MEMPERMAK KOLEKSI ADENIUM ANDA

by PUTRA SIAK  |  in Lingkup Pertanian at  Senin, Desember 07, 2015

Adenium memiliki nilai tambah karena bonggolnya. Orang pun berlomba-lomba menggemukkan bonggol adenium. disamping itu bunga itu memiliki keindahan bunga tersendiri. Kegiatan-kegiatan yang kita lakukan dalam melakukan penyambungan dan pembesaran bonggol tanaman adenium adalah sebagai berikut:

1. Pembelian dan Pemeliharaan bibit Adenium
Bibit yang akan kita gunakan sebagai batang bawah adalah bibit yang berasal dari biji, karena akan dapat menghasilkan bibit yang mempunyai bonggol yang besar. Sebagai batang atas kita menggunakan bibit hybrid yang mampunyai corak dan warna bunga menarik. Bibit-bibit tersebut dapat dengan mudah kita dapatkan pada pedagang serta nursery yang menjual bibit tanaman hias atau dapat dengan menggunakan batang atas dari tanaman adenium lain yang kita miliki sesuai dengan yang kita inginkan. Apabila kita telah memiliki tanaman adenium maka tinggal kita melakukan pemeliharaan dengan baik agar tanaman adenium dapat berhasil dengan baik sesuai dengan yang kita inginkan jika dilakukan penyambungan dan pembesaran bonggol tanaman adenium.
Pemeliharaan tanaman adenium meliputi:
a. Pemupukan dilakukan dengan memberi pupuk yang slow release pada dosis rendah karena adenium termasuk tanaman yang tidak rakus dalam menyerap unsur hara, sehingga kebutuhan pupuk relatif sedikit. Pupuk slow release adalah pupuk yang terbungkus dalam suatu lapisan pelindung dan larut sedikit demi sedikit melalui penyiraman air. Dengan demikian, pupuk akan memberikan unsur hara pada tanaman tanpa ada resiko over dosis. Pemupukan dilakukan cukup 3-6 bulan sekali tergantung dari kecepatan pupuk melepas unsur hara yang dikandungnya.
b. Penyiraman dilakukan 1-2 hari sekali tergantung kondisi kelembaban udara karena adenium hanya membutuhkan sedikit air untuk pertumbuhannya. Sebagai patokan untuk mengetahui adenium sudah memerlukan air siraman adalah dengan cara mengorek tanah atau media tanamnya. Jika tanah atau media tanam masih lembab, tidak perlu dilakukan penyiraman. Namun, jika tanah atau media tanam sudah kering saat itulah adenium perlu disiram.
c. Pengendalian hama bisa dilakukan selama 3 hari sekali dengan menggunakan insektisida sesuai dosis yang bisa dibaca pada label kemasan dan untuk pengendalian penyakit dilakukan dengan menggunakan fungisida sesuai dosis yang tertera pada kemasan.
2. Pembesaran bonggol dan pemeliharaan tanaman
a. Untuk batang bawah diharapkan memiliki bonggol yang besar berasal dari bibit asal biji. Pembesaran bonggol dengan cara menimbunnya dalam media tanam berupa campuran arang sekam, pasir malang dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1:1 serta dapat pula diberi perlakuan dengan ZPT sitokinin sehingga akan lebih cepat merangsang bonggol membesar. Sebagai alternatif, bibit yang mempunyai banyak percabangan juga dapat digunakan sebagai batang bawah.
b. Batang atas adenium diperoleh dengan membeli dari nursery tanaman hias atau dari tanaman adenium yang telah kita miliki. Pemilihan batang atas menggunakan jenis adenium yang mempunyai corak dan warna bunga yang menarik dan adenium sudah masuk ke fase generatif sehingga tanaman hasil sambungan cepat menghasilkan bunga.
3. Penyambungan tanaman adenium
Bila tanaman adenium sudah cukup besar yang ditandai dengan bonggol yang sudah membesar dan sudah masuk ke fase generatif, pada saat itu tanaman adenium minimal sudah berumur 6-7 bulan dan saat itu sudah dapat dilakukan penyambungan untuk meningkatkan nilai estetika. Penyambungan merupakan suatu tindakan memasukkan, menempatkan atau menyambung bagian dari satu tanaman ke tanaman lain sedemikian rupa sehingga akan tercapai persenyawaan dan kombinasi ini terus tumbuh membentuk tanaman baru.
Bagian kombinasi yang dilengkapi dengan akar disebut stock atau rootstock atau batang bawah, sedangkan bagian yang ditambahkan disebut scion atau entres atau batang atas. Penyambungan dapat dibedakan menjadi
a. Sambungan atau grafting yaitu dengan menyambungkan antara stock dan scion dengan beberapa mata tunas
b. Okulasi yaitu dengan menempelkan scion atau batang atas dengan satu mata tunas pada stock
Perlu kita ketahui bahwa batang bawah berasal dari tanaman yang mempunyai sifat-sifat perakaran yang baik, yaitu tahan terhadap serangan hama dan penyakit serta tahan terhadap sifat tanah atau keadaan air tanah tertentu seperti kekeringan. Batang bawah biasanya dari tanaman adenium yang dibudidayakan atau dibesarkan dengan menggunakan biji. Sedangkan untuk batang atas diambil dari tanaman yang mempunyai sifat-sifat hasil yang diinginkan yang biasanya merupakan tanaman adenium dari varietas hibrid yang memiliki penampilan daun maupun bunga yang indah dan menarik.
Sebelum melakukan penyambungan tanaman adenium perlu dipersiapkan alat dan bahan yang akan dapat mendukung keberhasilan dari penyambungan tanaman adenium agar sesuai dengan yang diinginkan. Adapun alat dan bahan yang perlu kita persiapkan terlebih dahulu diantaranya adalah:
  1. 2 jenis tanaman adenium untuk penyambungan
  2. gunting
  3. pisau okulasi atau silet yang tajam
  4. tali raffia atau plastik transparan
  5. tissue
  6. Saran pendukung berupa Pupuk dekastar, Fungisida, Insektisida, ZPT sitokinin serta Alkohol 70 %
Setelah alat dan bahan kita siapkan maka segera kita lakukan penyambungan tanaman adenium. Langkah-langkah dalam melakukan penyambungan tanaman adenum adalah sebagi berikut:
a. Menyiapkan alat dengan merendam pisau okulasi atau silet dalam alkohol sebelum melakukan pemotongan untuk mensterilkan dari kuman dan penyakit yang mungkin ditimbulkannya
b. Memilih dan memotong tanaman yang terpilih dengan bonggol besar sebagai batang bawah serta batang tanaman yang berbunga menarik sebagai batang atas
c. Menyayat potongan batang bawah bagian atas berbentuk huruf ’V’ dan menyayat potongan pangkal batang atas agak meruncing
d. Menyelipkan pangkal entres yang runcing ke dalam celah batang bawah, lalu mengikat dengan tali
e. Menutup dan mengikat sambungan dengan plastik transparan dengan rapi
f. Membuka plastik bila sudah ada tanda-tanda pertumbuhan dan persenyawaan ( + 1-2 bulan)
Setelah penyambungan berhasil kita kemudian merangsangnya untuk berbunga sehingga kita dapat memperoleh tanaman adenium dengan bentuk yang indah dan menarik. Agar penampilan tanaman adenium ini lebih cantik dan menarik dapat juga dihiasi dengan batu-batuan berwarna diatas media tanam serta melatakkan tanaman adenium ditempat yang memperoleh cahaya matahari agar dapat tumbuh dan memiliki penampilan yang cantik.

0 komentar:

Proudly Powered by Blogger.